TERMODINAMIKA

Rabu, 02 Januari 2019

This is My Profile

Assalamu'alaikum...
Hai, pemuda-pemudi inspiratif!

Salam kenal. Nama saya Mahestha Rastha Andaara. Panggil saja Mahes. Saya seorang pendidik, penulis, dan seorang aktivis. Lahir di Tangerang, 5 Mei 1996. Dan saat ini masih berusia 22 tahun.


Perjalanan dalam menuntut ilmu selama ini  saya habiskan di Tangerang dan Jakarta. Dahulu, saya sekolah di SDN Sudimara 5. Dilanjutkan ke MTsN 32 Jakarta Selatan. Lalu di SMAN 101 Jakarta Barat jurusan IPA. Dan terakhir di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Program Studi Pendidikan Fisika.

Saat ini saya masih menikmati kejomloan. Kenapa saya bilang menikmati? karena kalau saya harus memilih antara jomlo yang berpeluang mendapat pahala, dengan pacaran yang sudah pasti dosa, saya lebih memilih jomlo yang punya peluang mendapatkan pahala. Bahkan dengan memilih jomlo daripada pacaran, saya pikir semua orang di dunia ini yang lebih memilih jomlo akan mendapatkan pahala dari Allah SWT. Kenapa? Karena lebih memilih kebaikan daripada keburukan.

Balik lagi ke cerita tentang saya. Saat ini saya masih menyelesaikan tugas akhir kuliah, yaitu skripsi yang merupakan syarat untuk lulus dan bergelar S. Pd (Sarjana Pendidikan). Namun disela-sela mengerjakan skripsi tersebut, saya melakukan aktivitas kebaikan lain sebagai pengisi waktu saya yang Allah SWT berikan sebanyak 24 jam.

Oh iya, sebelum saya ingin mengenalkan berbagai aktivitas yang saya geluti sekarang ini. Saya ingin bercerita sedikit tentang riwayat organisasi saya dahulu hingga sekarang. Dulu ketika SMA, saya masuk organisasi ROHIS (Rohani Islam). Nama rohis saya itu, Rohis Al-Fath. Dan Alhamdulillah sampai saat ini saya masih disana bersama dengan sahabat alumni yang lain. Membimbing, mengenalkan, dan mengarahkan adik-adik kami pada jalan yang benar-benar Allah SWT ridhai. Mohon do'anya semoga kami istikamah sampai akhir hayat.

Ketika di kampus pun, saya ingin melanjutkan keorganisasian islam saya. Dipilihlah saat itu UKM yang saya pilih adalah LDK (Lembaga Dakwah Kampus). Begitu banyak pengalaman yang saya dapatkan di sana. Dari rohis yang awalnya dikenalkan akhlak, ilmu islam, dan dunia dakwah. Kemudian di kampus, saya mendalami lagi kesemuanya itu jauh lebih dalam dari sebelumnya. Saya seakan berada di dunia baru. Tapi dunia inilah yang Insyaa Allah bisa menuntun saya ke surga-Nya kelak.

Selain skripsi, aktivitas saya yang lain adalah mengajar. Saya sudah mulai mengajar dari semester satu di bangku kuliah. Walau bukan mengajar di sekolah, hanya mengajar di bimbel dan privat saja. Tapi dari sana saya banyak belajar pengalaman mengajar. Entah cara menyampaian, penguasaan materi, memberikan sikap terbaik ketika ada siswa yang mulai curhat, dan pengalaman organisasi dalam dunia kerja. Dan alhamdulillah sampai saat ini pun saya masih mengajar dan terus akan mengajar. Kenapa harus mengajar? Karena memang Rasulullah SAW juga mengajar. Karena dengan mengajarlah, segala ilmu yang saya miliki bisa saya bagikan ke orang-orang yang saya cintai bahkan bisa saya bagikan pada orang yang tidak saya kenal sekali pun.

Selain mengajar, saya juga menulis. Per hari ini, total buku yang saya tulis alhamdulillah sudah mencapai 12 buku (10 buku antologi dan 2 buku solo). Jumlah ini pun pasti akan terus bertambah dan terus bertambah. Karena inilah dunia yang saya sukai. Dunia yang menuntut saya wajib berada di dalam dunia ini. Kenapa saya suka menulis? bagi saya, ini adalah kewajiban yang harus ditunaikan. Bukan sekedar hobi. Bukan sekedar keinginan belaka. Bukan juga sekedar cita-cita. Menulis adalah media saya untuk berdakwah. Coba perhatikan! banyak buku-buku yang secara tidak langsung mengubah mindset anak muda yang membacanya menjadi semakin jauh dari Allah SWT. Buku tentang cinta yang tak jelas, dan sebagainya. Itulah kenapa saya menulis! Saya ingin menutupi keburukan itu dengan karya saya yang isinya penuh dengan kebaikan. Bukan hanya menulis di buku! Media sosial dan blog ini pun menjadi salah satu media saya untuk menebarkan kebaikan.

Agar ilmu kepenulisan saya bermanfaat. Akhirnya saya membuat sebuah akun kepenulisan di instagram dengan nama @mudahmenulis. Disinilah saya bisa berbagi ilmu kepenulisan yang sudah saya pelajari dari berbagai macam pelatihan menulis kepada mereka yang menyukai dunia literasi. Bahkan untuk dunia dakwah pun, saya juga membuat akun @jombloberdakwah. Memang sengaja memakai kata jomblo, biar banyak yang tertarik dan kepo dengan isinya.

Selain itu pun, saya juga punya akun bisnis @fiber.privat. Akun ini memang berfokus untuk membuat sebuah lembaga privat. Namun karena saya masih disibukkan dengan tugas akhir dan beberapa naskah yang ingin diselesaikan, akhirnya launching-nya tertunda. Insyaa Allah setelah lulus bisa fokus untuk mengembangkan lembaga pendidikan non formal yang satu ini. Mohon Doanya semoga dilancarkan.

Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan hubungi saya dibagian paling bawah blog ini. Syukron Jazakallah.. Wassalamu'alaikum...

0 comments:

Posting Komentar