TERMODINAMIKA

Rabu, 02 Januari 2019

Cara Meningkatkan Semangat Belajar



Belajar itu berat, bikin mumet, pusing, ngantuk, bahkan begitu banyak ujian yang bisa membuat stress. Tapi perasaan seperti itu hanya untuk orang-orang yang tidak mau sukses dalam hidupnya dik. Kenapa? Terlalu banyak mengeluh daripada bergerak. Betul tidak? Mengeluh tidak akan bisa mengubah keadaan! Tapi dengan bergerak, kamu bisa mengembangkan diri dan bisa menaiki anak tangga kesuksesan tahap demi tahap.

Maka dari itu, kamu perlu kobaran semangat dik. Semangat untuk membuang kemalasan belajarmu selama ini. Semangat untuk menghempas pemikiran bahwa belajar itu adalah sesuatu yang berat dan sebagainya. Semangat inilah yang berpengaruh besar dalam proses belajarmu nantinya dik. Semangat adalah modal awal untuk membuang kemalasan. Lalu bagaimana caranya agar bisa meningkatkan semangat belajar?

1. Deketin Teman yang Semangat Juga
Kalau ingin semangat, ya bergaulnya sama yang semangat juga. Agar bisa saling menyemangati dalam belajar. Kalau barengan sama yang males terus, kamu juga akan ikutan males dik. Karena lingkungan itu sangat mempengaruhi diri kita. jadi, carilah lingkungan yang baik, agar semangat belajarmu bertahan bahkan meningkat.

2. Buat Target
Ketika kamu ingin pergi ke Pantai Anyer, pasti selalu mencari jalan yang terbaik kan agar sampai tujuan? Sama halnya belajar dik! Kamu mau jadi apa nanti? Buatlah target-target pancapaian agar kedepan kamu tahu ke arah mana dirimu melangkah. Kalau tidak ada jalan yang harus ditempuh, bagaimana bisa mencapai tujuan?

3. Stop Leha-leha
Mau sukses tapi masih asik games seharian? Mau sukses tapi masih asik kelayapan? Mau sukses tapi masih asik dengan dunia media sosial? Itu namanya kamu tidak mau sukses dik! Orang sukses itu yang disiplin! Mereka disiplin waktu. Mereka tahu kapan waktunya belajar, kapan waktunya istirahat, dan kapan waktunya bersenang-senang untuk sekedar refreshing. Kalau kamu mau sukses, ikutilah cara tersebut. DISIPLIN!

4. Buktikan
Banyak orang-orang yang meremehkan kamu? Kamu bodoh! Kamu gak bisa apa-apa! Begitu aja gak bisa! Pernah dibilang seperti itu? kalau dibilang begitu, jangan down, jangan pasrah, jangan menyerah, jangan ciut. Justru kamu harus buktikan kepada mereka bahwa dirimu bukanlah orang yang seperti itu! kalau kamu ciut, itu sama saja kamu membenarkan apa yang mereka katakan.

5. Buat Reward dan Hukuman
Inilah trik biar menghilangkan malas. Ketika kamu berhasil mencapai sebuah target, berilah hadiah untuk dirimu sendiri. Hal itu dimaksudkan agar dirimu lebih semangat lagi belajarnya dan lebih giat lagi. Dan jika dirimu tidak berhasil mencapai target, berilah hukuman untuk dirimu sendiri. Hal ini juga dimaksudkan, agar kamu tidak menyepelekan belajar, agar kamu bisa serius mengejar target, sehingga hukuman ini sebagai ancaman agar kamu bisa mencapai target tersebut. Hukumlah diri dengan sesuatu yang sewajarnya saja, lebih bagus kalau hukumannya yang bisa membangun dirimu lebih baik lagi.

6. Nonton Film atau Baca Buku Motivasi
Nonton film ternyata ada manfaatnya juga kan? Bisa menambah motivasi belajar! Baca buku apalagi! Kalau orang-orang selalu bertanya kunci kesuksesan itu apa, padahal kuncinya satu, RAJIN BACA BUKU! Karena orang sukses itu pasti yang kaya ilmu, tidak mungkin ilmunya sedikit. Jadi yuk, sering-sering baca buku!

7. Ingat Wajah Orang Tua
Kalau kamu sedang lelah belajar bahkan ingin menyerah. Ingatlah wajah mereka. ingatlah bagaimana setiap hari ibumu selalu memasak makanan terbaik untuk anaknya agar tidak kelaparan di sekolah. Ingatlah perjuangan ayahmu yang dari pada sampai sore bahkan malam banting tulang untuk membiayai dirimu sekolah, bahkan untuk membeli keperluan sekolah yang suka tak terduga. Mereka sudah banting tulang, apakah kamu mau mengecewakan mereka hanya karena malas belajar?

8. Bayangkan Dirimu Sukses
Berimajinasi!! Jangan berimajinasi yang tidak-tidak ya, coba saja kamu bayangkan kalau dirimu sudah mencapai kesuksesan. Dirimu sudah mencapai apa yang kamu inginkan selama ini. Indah bukan? nikmat bukan? bayangkan bagaimana wajah orang tuamu ketika melihat dirimu sudah sukses! Bukankah ada kebahagiaan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata?

So, belajar memang berat dik, belajar memang mumet, tapi bukankah perjuangan yang besar akan menghasilkan sesuatu yang besar pula? Kalau mau sesuatu yang besar, maka berjuanglah semaksimal mungkin.

0 comments:

Posting Komentar